Event WordPress Web Challenge yang berlangsung pada tanggal 27 Januari 2024 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, telah berjalan sukses! Berikut rangkuman informasi seputar event tersebut.

WordPress Web Challenge adalah event WordPress NextGen pertama di Jakarta. Kegiatan utama di event ini adalah kompetisi website dan presentasi yang diikuti oleh berbagai daerah di Indonesia. Terdapat juga beberapa agenda lain seperti pameran dari web submission yang telah dikurasi, workshop, talkshow, sponsor exhibition, dan giveaways.

Menariknya, WordPress Web Challenge adalah event tech pertama di Indonesia, setidaknya di Jakarta, yang mengusung kompetisi website dengan format presentasi atau pitching sekaligus pameran karya website dalam satu rangkaian acara secara offline.

Pada sesi-sesi awal semua finalis kompetisi mempresentasikan konsep, strategi, dan teknis dalam pembuatan website secara maksimal. Para pengunjung cukup tertarik dengan pemaparan finalis. Ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang tetap berada di area utama Web Challenge. Terlebih lagi feedback dari para juri, yang terdiri dari Dzikri Aziz, Nandari Chinta, dan M. Ramadhan C., menjadi masukan-masukan yang sangat insightful. Tak hanya bermanfaat bagi peserta kompetisi tapi juga bagi semua yang hadir.

Rundown kemudian dilanjutkan dengan sesi talkshow. Terdapat 2 orang guest speaker, yaitu Merdy Andrian dan Yoko Bomb. Merdy Andrian merupakan User Interface Dev Engineer Lead dari CSG, perusahaan software yang bermarkas di Colorado, AS. Dan Yoko Bomb adalah salah satu content creator kenamaan Indonesia yang identik dengan WordPress, yang juga merupakan founder Hay Digital dan Hay Academy. Banyak hal yang dibahas di sesi ini. Mulai dari dari pengalaman menggunakan WordPress hingga tips dan tricks dalam menjalin komunikasi dengan klien.

Tak hanya itu, di WordPress Web Challenge pengunjung yang ingin mempelajari CMS WordPress untuk membuat website, bisa mengikuti workshop yang ada di lokasi event. Workshop ini ditujukan untuk pemula, sehingga non-pengguna WordPress juga bisa mendapatkan pengetahuan baru dalam membangun website. Adapun tim instruktur workshop yang terlibat terdiri dari individu-individu yang telah berpengalaman dalam WordPress dan berasal dari berbagai perusahaan seperti Automattic, DomaiNesia, Human Made, Jagoan Hosting, dan Media Cloud Indonesia.

Di area terpisah, event ini diramaikan dengan adanya booth-booth sponsor yang cukup diminati para pengunjung, seperti Automattic (WordPress.com), Exabytes, Pandi (IDKeren), Optimaise, Rumahweb, Gutenverse, Jagoan Hosting, dan Media Cloud Indonesia. Banyak promo dan merchandise menarik disajikan khusus saat event berlangsung. Tak ketinggalan Komunitas WordPress Indonesia juga turut serta dalam area booth exhibition. Di sini siapa pun bisa bertanya mengenai komunitas-komunitas WordPress yang ada di Indonesia atau diskusi terkait hal-hal teknis.

Kemeriahan WordPress Web Challenge juga bertambah dengan adanya sesi mini games dan giveaways. Ada hadiah-hadiah seru dari berbagai sponsor yang dibagikan, seperti tema premium, beragam merchandise, dan langganan hosting, serta domain gratis selama 1 tahun! Sponsor yang ikut memeriahkan sesi ini antara lain Blossom Themes, Exabytes, DomaiNesia, Jagoan Hosting, Media Cloud Indonesia, Qwords, Rara Themes, Weallspace, dan WP Delicious.

Para pemenang diumumkan menjelang akhir acara. Untuk pemenang pertama berhasil diraih oleh tim 82Cart asal Jakarta Utara, DKI Jakarta dan pemenang kedua ditempati oleh Seno Tertiyantono asal Bandung, Jawa Barat. Info lengkap list pemenang utama dan favorit bisa dibaca di halaman ini atau lihat galeri peserta pameran.

Sebagai penutup, ada foto bersama semua pihak yang berpartisipasi dalam WordPress Web Challenge.

Dengan singkatnya waktu pelaksaan, salah satu metode promosi yang digunakan pada event WordPress Web Challenge adalah melalui iklan media sosial (Instagram ads). Cara ini dilakukan mengingat semangat NextGen yang mendorong para komunitas lokal WordPress untuk bereksperimen terhadap event-event WordPress. Untuk case study teman-teman organizer dan pengguna WordPress lainnya, laporan Instagram ads bisa dilihat di link berikut.

Pada event ini tidak ada agenda welcome dinner for staff/sponsors/speakers, post-event party, atau networking session seperti WordCamp. Namun untuk menghargai para individu yang berada di belakang layar atas suksesnya WordPress Web Challenge, maka diadakan makan siang bersama para organizer, volunteer, dan speaker yang terlibat.

Berikut statistik mengenai kegiatan WordPress Web Challenge.

Secara umum, WordPress Web Challenge bisa dinilai sukses walaupun persiapan acara terbilang singkat. Namun tentunya event ini tidak luput dari hal-hal yang perlu ditingkatkan dalam penyelenggaraannya. Jumlah organizer yang minim, koordinasi, dan publikasi event menjadi catatan penting bagi tim NextGen Jakarta ke depannya.

Dengan dominannya respon positif pada hasil survei acara, semoga event ini bisa menjadi wawasan dan inspirasi bagi banyak orang, termasuk non-pengguna WordPress.

Kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya untuk teman-teman pecinta WordPress yang sudah hadir dan berpartisipasi dalam WordPress Web Challenge, serta para sponsor yang telah ambil bagian dalam membesarkan Komunitas WordPress Indonesia melalui event ini.

Bagi teman-teman atau perusahaan yang ingin ikut serta dalam kegiatan Komunitas WordPress Indonesia dapat mengunjungi wp-id.org atau wp-id.org/meetups. Komunitas ini terbuka bagi siapa saja yang ingin berkontribusi. Hubungi Komunitas WordPress Indonesia untuk info lebih lanjut.

Sampai jumpa!